Senin, 14 Maret 2016

Dampak Positif dan Negatif dari Media Sosial

Hi guys, salam kenal buat semuanya

    Media sosial adalah sarana untuk berkomunikasi dengan mudah, dan siapa saja bisa menggunakannya mulai dari anak - anak, remaja, hingga lansia. karena banyak sekali manfaat yang dihasilkan dari media sosial
contohnya pengusaha yang mengiklankan produknya di media sosial agar lebih banyak orang yang mengetahui produknya dan bisa memesannya secara online saja tanpa perlu datang langsung ketempat penjualannya, sangat menguntungkan bukan? baik sang pengusaha ataupun pembeli semuanya diuntungkan oleh media sosial ini, tak hanya itu saja media sosial juga dapat digunakan sebagai ajang untuk memperbanyak teman. serta banyak sekali keunggulan - keungggulan dari media sosial ini kita dapat bertatap muka lewat yang namanya video call, dapat mengirimkan pesan suara atau hanya sekedar mengirimkan file lewat chat saja.

   Dan disini saya akan menyebutkan beberapa dampak positif dari media sosial yaitu :
1. Mendekatkan yang jauh, media sosial bisa mendekatkan kita dengan saudara kita yang jauh diseberang sana. caranya sangat mudah sekali dengan menggunakan salah satu aplikasi dari media sosial saja kita sudah bisa terhubung dengan mereka yang jauh, bisa dengan hanya sekedar chat saja ataupun saling berkirim gambar atau foto selfie kallian.
2. Sarana berkomunikasi, berkomunikasi tak selamanya hanya sekedar chat belaka. Berkomunikasi juga bisa dilakukan dengan memasang iklan penjualan atau menawarkan suatu produk kepada pengguna yang lain.
3. Ajang memperbanyak teman, dengan menggunakan media sosial kita juga dapat memperluas jaringan pertemanan dari dalam negeri maupun luar negeri.
4. Mempermudah dalam mencari informasi, dengan adanya media sosial mempermudah kita dalam mencari informasi, baik lowongan kerja ataupun hanya sekedar mencari tugas bagi para pelajar.
5.Tempat berbagi, disini kita dapat memposting foto atau kegiatan yang sedang kita lakukan baik hal yang rutin maupun hal yang sangat sayang untuk dilewatkan dan kita dapat mengabadikannya serta mempostingnya sehingga orang lain pun bisa melihatnya.
6. Bisa mendapatkan pekerjaan, ya banyak sekali peluang kerja yang ditawarkan dari media sosial seperti menjadi seorang penulis online atau pengusaha online

Namun, jangan salah, media sosial memang sangat menggiurkan meskipun begitu kita harus pintar menyikapinya. Dan beberapa sampak negatif dari media sosial adalah :
1. Menjauhkan yang dekat, karena kecanggihan dan keunggulan dari media sosial tak jarang membuat kita merasa berjauhan dengan orang - orang disekitar kita padahal merekalah yang selalu ada bersama kita di kehidupan nyata.
2. Menimbulkan aksi kejahatan, seseorang bisa saja mengambil foto kita dari salah satu akun media sosial kemudian menjual kita dimedia sosial apabila kita selalu memposting foto yang kita miliki secara berlebihan
3. Menimbulkan rasa malas dan candu yang berlebihan, seringkali karena keasyikan bermain media sosial kita melupakan segala hal. dan hanya ingin bermain gadget saja seharian, yang tak jarang membuat orang lain geram
4. Menimbulkan salah satu sindrom yaitu sindrom yang diakibatkan oleh bermain gadget yang berlebihan, jika anda merasa gadget berdering atau bergetar padahal tidak terjadi apa - apa. sebaiknya jangan terlalu berlebihan dalam memainkan media sosial di gadget atau dimanapun.

Segala sesuatu jika digunakan secara berlebihan akan menimbulkan sifat negatif, jadi gunakanlah segala hal dengan bijak. termasuk salah satunya media sosial ini.

SEMOGA BERMANFAAT :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar